Kepanjangan Dari CBU CKD IKD Dalam Motor dan Mobil

By | 27 April 2020

Ini lho arti dan kepanjangan dari CBU, IKD dan CKD yang sering disebut pada kendaraan bermotor. Sobat motoranyar juga akan sering menemukan istilah ini dalam blog info harga dan spesifikasi motor ini. Kemungkinan masih banyak dari sobat yang belum terlalu akrab dengan makna maupun kepanjangan dari ketiga akronim diatas. Jadi nggak ada salahnya kan sobat meluangkan waktu membaca dan memahami terlebih dahulu tentang istilah CBU, IKD dan CKD yang motoranyar akan bahas secara satu persatu berikut ini.

Sebelum masuk ke kepanjangan dan pengertian dari CBU, CKD dan IKD ada baiknya motoranyar memberikan gambaran umum tentang akronim tersebut. Akronim CBU, CKD dan IKD adalah jenis pengklasifikasian kategori kendaraan bermotor sesuai dengan peraturan pemerintah dan jelas sekali disebutkan pada Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan nomor 275/MPP/KEP/6/1999 tentang industri kendaraan bermotor. Merujuk pada Kepmenperindag tersebut kendaraan bermotor yang di impor dari luar negeri dan pemasarannya dilakukan di Indonesia oleh Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) masuk dalam 3 kategori yakni CBU, IKD dan CKD saja. Nah, sobat motoranyar pasti dah dapat sedikit pencerahan nih sampai paragraf ini.

Kepanjangan & Penjelasan dari CBU, CKD dan IKD

1. CBU (Completely Build Up)
Sesuai pengartian dari bahasa ingris CBU adalah dibangun secara utuh. Dapat diartikan juga bahwasanya CBU adalah jenis kendaraan yang secara keseluruhannya merupakan hasil buatan/rakitan dari manufaktur asli secara utuh, dan benar-benar tidak ada bagian kendaraan bermotor yang terpisah sejak di impor ke Indonesia. Istilah CBU di Indonesia berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah sesuai paragraf sebelumnya yang tak lain bertujuan untuk secara bertahap memproduksi mobil sendiri.

Karena jenis kendaraan bermotor CBU adalah hasil impor langsung dari produsen aslinya, jenis kendaraan bermotor CBU jumlahnya sangat terbatas. Sangat berbeda dengan kuantitas kendaraan bermotor yang proses perakitannya dilakukan di Indonesia. Karena jumlah kendaraan bermotor jenis CBU yang terbatas ini, harga kendaraan bermotor jenis CBU menjadi mahal karena biaya pajak dan bea cukai saat masuk ke dalam negeri.

Contoh kendaraan bermotor jenis CBU adalah Ferrari yang secara utuh didatangkan langsung dari Italia yang kemudian di jual dan dipasarkan di pasar otomotif Indonesia. Kendaraan jenis ini merupakan salah satu jenis kendaraan mewah yang terbatas baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Bagi yang suka gengsi bisa mencoba membeli kendaraan bermotor jenis CBU seperti ini karena jumlah yang terbatas.

2. CKD (Completely Knock Down)
Untuk CKD adalah jenis kendaraan bermotor baik motor maupun mobil yang khusus didatangkan/di impor dari produsen asalnya ke dalam Indonesia dalam keadaan terpisah tidak seperti CBU yang secara utuh. CKD didatangkan dalam bentuk komponen-komponen yang dapat dirakit secara utuh menjadi kendaraan bermotor di dalam Indonesia. Contoh kendaraan CKD untuk jenis mobil adalah Hyundai Grand Avega yang kita tahu sebagian besar komponennya di impor langsung dari Korea lalu dirakit sampai menjadi sebuah mobil utuh untuk kemudian dipasarkan di Indonesia.

Setiap kendaraan bermotor jenis CKD yang di impor langsung dari negara produsen aslinya ke Indonesia harus memenuhi kriteria komponen utama penyokong kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dengan jenis CKD harus memiliki minimal 4 kriteria komponen utama yakni mesin, rangka, roda dan setang/kemudi. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda empat komponen utama yang harus ada adalah adalah mesin, sasis, transmisi dan gardan. Karena dirakit di dalam negeri, kendaraan bermotor jenis CKD pada umumnya mempunyai harga dan spesifikasi yang lebih rendah berbeda dengan kendaraan bermotor jenis CBU.

3. IKD (Incompletely Knock Down)
Kendaraan bermotor jenis IKD dapat diasumsikan identik dengan kendaraan bermotor jenis CKD, namun untuk kendaraan tipe IKD, komponen yang di impor/didatangkan dari negara produsen aslinya dalam keadaan terurai dan tidak lengkap. Kalau kendaraan jenis CKD didatangkan dengan lengkap, komponen untuk kendaraan tipe IKD sebagian telah dapat diproduksi sendiri di dalam negeri. Makanya yang didatangkan dari negara produsen asli hanyalah komponen-komponen yang belum bisa diproduksi oleh Indonesia saja. Contoh kendaraan jenis IKD adalah mobil Toyota Avanza, Indonesia mendatangkan komponen mesin mobil ini langsung dari Jepang. Sedangkan sasis atau rangka mesin di produksi langsung di dalam negeri.

Dah paham kan, sekian cukup itu aja ya. Motoranyar hanya bisa memberikan penjelasan singkat tentang pengertian, kepanjangan dan istilah dari CBU, CKD dan IKD pada kendaraan bermotor. Ingat ya,.. CBU itu singkatan dari Completely Build Up. CKD itu singkatan dari Completely Knock Down dan IKD itu singkatan dari Incompletely Knock Down.